PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN KAMAR PADA HOTEL GRAND INNA PADANG
Keywords:
advertising, personal selling, sales promotion dan publicityAbstract
Abstrak
Hotel Grand Inna Padang yang merupakan salah satu hotel berbintang empat di Kota Padang. Hotel Grand Inna Padang terletak di seberang Monumen Gempa Padang, hanya 10 menit jalan kaki dari Pantai Padang dan 5 menit berkendara dari pusat perbelanjaan Plaza Andalas. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh biaya promosi terhadap peningkatan penjualan kamar pada Hotel Grand Inna Padang. Teknik pengumpulan data dalam penelitiajn ini adalah Penelitian Lapangan (Field Research) dan Penelitian Kepustakaan (Library Research). Jenis dan sumber data adalah data primer dan data sekunder. populasi dari penelitian ini adalah data empiris perusahaan selama 3 tahun terakhir yaitu 36 bulan dan sampel 36 bulan. Metode analisis adalah regresi lienar berganda. Hasil penelitian ditemukan (1) variabel advertising berpengaruh terhadap nilai peningkatan penjualan kamar pada Hotel Grand Inna Padang, (2) variabel personal selling berpengaruh terhadap nilai peningkatan penjualan kamar pada Hotel Grand Inna Padang, (3) variabel sales promotion berpengaruh terhadap nilai peningkatan penjualan kamar pada Hotel Grand Inna Padang, (4) variabel publicity berpengaruh terhadap nilai peningkatan penjualan kamar pada Hotel Grand Inna Padang, (5) secara bersama-sama variabel advertising, personal selling, sales promotion dan publicity berpengaruh terhadap Peningkatan Penjualan Kamar pada Hotel Grand Inna Padang.
References
Arafah. 2014. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.
Basu Swastha. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Liberty
Blocher. 2016. Manajemen Biaya, Edisi 3. Salemba Empat, Jakarta
Doyo. 2008. Perilaku Konsumen dan Loyaitas. Yogyakarta. Ardi.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariat dengan SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.
Hapsari. 2010. Delivering Quality Service Balancing Customer Perception and Expectation. New York : The Free Press
Idris. 2014. Analisis Data Kuantitatif. UNP Padang.
Kotler. 2010. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi ke tiga, Jakarta: Erlangga
Kotler. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga
Mangguluang, Agussalim. 2016. Metodologi Penelitian. Ekasakti Press. Universitas Ekasaksi Padang.
Nugroho, 2010. Manajemen Pemasaran. Penerbit Andi. Yogyakarta
Prayitno. 2013. Manjemen Pemsaran dna Perilaku Pasar. Jakarta: Erlangga
Rangkuti, Fredy, 2013. Persepktif Manajemen dan Pemasaran Konteporer. Edisi I. Yogyakarta. Andi.
Sitepu. 2014. Metodologi Penelitian. Bandung.Fokus Media.
Purwanto. 2011. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran dan Aplikasi. Andi Offset. Yogyakarta.
Tjiptono. 2010. Perspektif Manajemen dan Pemasaran Konteporer. Yogyakarta : Andi.