PENGARUH SWITCHING BARRIER DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PRODUK INTERBIS (STUDI KASUS PADA PT. MULTIMAS SUMBER HARAPAN PADANG)
Keywords:
Switching Barrier, Citra Merek, Loyalitas PelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh switching barrier dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan pada produk Interbis di PT. Multimas Sumber Harapan Padang baik secara parsial maupun simultan, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh switching barrier terhadap loyalitas pelanggan pada produk Interbis melalui citra merek di PT. Multimas Sumber Harapan Padang dan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh citra merek terhadap loyalitas pelanggan pada produk Interbis melalui switching barrier di PT. Multimas Sumber Harapan Padang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitan ini yaitu dengan menggunakan riset lapangan dan riset pustaka. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda dan path analisis. Hasil penelitian ini menunjukka bahwa: 1) Switching Barrier berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan karena t hitung 7,020 lebih besar dari t tabel dan nilai sig 0,000 lebih kecil dari ? (0,05). 2) Citra Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan karena t hitung 10,200 lebih besar dari t tabel dan nilai sig 0,000 lebih kecil dari ? (0,05). 3) Switching Barrier dan Citra Merek berpengaruh signifikan secara bersama sama terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) karena F hitung 196,297 lebih besar dari F tabel dan nilai sig 0,000 lebih kecil dari ? (0,05). 4) Switching Barrier berpengaruh secara tidak langsung terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Citra Merek karena nilai analisis path sebesar 0,363 dimana lebih besar dari ? (0,05). 5) Citra Merek berpengaruh secara tidak langsung terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Switching Barrier karena nilai analisis path sebesar 0,252 dimana lebih besar dari ? (0,05). 6) Hasil analisis determinasi diperoleh angka Adjusted R Square sebesar 0,804 atau sebesar 80,4%. Hal ini menunjukan persentase sumbangan variabel Switching Barrier dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan sebesar 80,4% dan sisanya dipengaruhi varibel diluar penelitian.
References
Ali Hasan. 2017. Marketing. Media Utama, Yogyakarta
Arikunto, S. 2015. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Ghozali, Imam. 2015. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM. SPSS 19 (edisi kelima.) Semarang: Universitas Diponegoro.
Griffin, Jill. 2015. Customer Loyalty : Menumbuhkan dan Mempertahankan. Kesetiaan Pelanggan. Alih bahasa : Dwi Kartini Yahya dan kawan kawan. Erlangga, Jakarta.
Kotler, Philip, dan Gary Armstrong. 2015. Prinsip Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Kotler dan Keller. 2015. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 16 Jakarta: Erlangg.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Supriadi, Setiawan. 2015. “Loyalitas Pelanggan Jasa´Studi Kasus Bagaimana Rumah Sakit Mengelola Loyalitas Pelanggannya. Bogor: PT. Penerbit IPB Press
Tjiptono, Fandy, Gregorius Chandra, dan Dadi Adriana. 2015. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi
Antari Setiyawati, 2015, Studi Kepuasan pelanggan untuk mencapai loyalitas pelanggan (studi kasus pada konsumen took bangunan bangun rejeki Semarang). Jurnal Ekonomi Universitas Negeri Semarang Volume 4 No 1, hal 1-16
Aris Kuncoro, 2016, Pengaruh Iklan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat. Jurnal Ekonomi Universitas Muhammadiah Surakarta Volume 6 No 1, hal 1-13
Arlan, Tjahyadi Rully. 2015. Brand Trust Dalam Konteks Karakteristik Merek, Karakteristik Perusahaan dan Pelanggan Merek. Jurnal Ekonomi UNIKOM Volume 2 No 1, hal 1-19
Gusti Ayu Putu Ratih Kusuma Dewi, 2017, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah PT Bpr Hoki Di Kab Tabanan, Jurnal Ekonomi Universitas Udayana Volume 4 No 1, hal 1-15
Hartatifci & Lie Othman, 2015, Analisis Hambatan Berpindah (Switching Barrier) Kartu Prabayar Simpati Telkomsel (Studi Pada Mahasiswa Fisip Universitas Riau), Jurnal Aplikasi Bisnis Universitas Riau Volume 1 No 1, hal 1-16
Harum Amalun Nisa. 2016. Pengaruh Kepercayaan Merek, Switching Cost, Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi pada pengguna ponsel Nokia pada mahasiswa FISIP Universitas Diponegoro angkatan 2010 sampai 2012), Jurnal Ekonomi Universitas Diponogoro Volume 1 No 1, hal 1-18
Ivan Octora Lubis. 2017. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Pelayanan, Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan, Jurnal Ekonomi Bisnis Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Volume 8 No 2, hal 12-23
Linda Nita Dewi, 2016, Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pengguna Produk Advan Di Kota Semarang, Jurnal Ekonomi Bisnis Universitas Dian Nuswanto Semarang Volume 1 No 1, hal 1-17
Lutiary Eka Ratri, 2015. Hubungan Antara Citra Merek Operator Seluler Dengan Loyalitas Merek Pada Mahasiswa Pengguna Telepon Seluler Di Fakultas Ekonomi Reguler Universitas Dipenogoro Semarang. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Dipenogoro Semarang Volume 3 No 5. hal 78-93
Pusporini, Niken. 2015. Analisis Pengaruh Customer Satisfaction, Switching Barrier, dan Trust In Brand Terhadap Customer Retention (Studi Kasus: Pengguna Kartu Seluler IM3 Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta). Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Volume 12 No 1. hal 1-15
Muhammad Romadhoni, 2015. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Sepatu Nike Pada Mahasiswa Fik Uny. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Volume 13 No 2. hal 16-33
Naili Farida, 2015, Pengaruh Nilai Pelanggan Dan Hambatan Berpindah Terhadap Loyalitas Pelanggan Serta Implikasi Pada Perpindahan Merek Studi Pada Mahasiswa FISIP Undip Semarang Pengguna Kartu Prabayar IM3 PT. Indosat Tbk. Jurnal Administrasi Bisnis Universitas Dipenogoro Volume 1 No 1, hal 1-14
Nandya Ayu Putri. 2016. Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek, Dan Switching Barrier Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Mahasiswa S1 Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Tahun 2014/2015, Jurnal Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya Volume 31 No 1, hal 1-19
Norma Novianti, 2015, Pengaruh Customer Satisfacton Dan Switching Barrier Terhadap Customer Retention (Studi pada Konsumen Kosmetik Wardah di Purworejo), Jurnal Ekonomi Bisnis Universitas Muhammadiah Purworejo Volume 1 No 1, hal 1-11
Ricky Nur Alam, 2015, Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Kentucky Fried Chicken Terhadap Loyalitas Pelanggan, Jurnal Ekonomi Bisnis Universitas Widyatama Volume 8 No 1, hal 1-17
Rizki Fajar Kusumo Putro, 2016, Pengaruh Kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel pemediasi (studi pada pelanggan Fixed-Wire Line Phone di Surakarta), Jurnal Ekonomi Universitas Jember Volume 3 No 1, hal 1-13
Septiadi Santoso, 2016, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Laboratorium Klinik Populer Surabaya, Jurnal Ekonomi Bisnis Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Volume 7 No 2, hal 14-28
Sumiati, 2016, Pengaruh Motivasi Konsumen, Persepsi Kualitas, Sikap Konsumen, dan Brand Image Pada Keputusan Pembelian Komputer Tablet Apple Ipad Pada Emax Apple Store Surabaya, Jurnal Ekonomi Bisnis Universitas Stikubang Semarang Volume 5 No 2, hal 17-33
Chung-Tzer Liu, 2017, The effects of relationship quality and switching barriers on customer loyalty, International Journal of Information Management Volume 31 No 1, hal 1-17
Gu-Shin Tung, 2016, Promotion, Switching Barriers, And Loyalty, Australian Journal of Business and Management Research Volume 1 No 2, hal 18-29
Julander, Claes-Robert dan Magnus Soderlund. 2016. Effects of Switching Barriers on Satisfaction, Repurchase Intentions and Attitudinal Loyalty. International Journal of Management and Administrative Sciences Volume 5 No 2, hal 14-31
Karunarathne E.A.C.P, 2015, Customer Perceptions of Switching Barriers: A Study of Mobile Telecommunication Subscribers in Sri Lanka, International Journal of Management and Administrative Sciences Volume 4 No 3, hal 42-56
Klara Kövesi, 2015, The effect of switching barriers on customer engagement: an application to the mobile phone services, International Journal of Business and Management Invention Volume 4 Issue 4, hal 38-51
Seiedeh Nasrin Danesh, 2015, The Study of Customer Satisfaction, Customer Trust and Switching Barriers on Customer Retention in Malaysia Hypermarkets, International Journal of Business and Managemen Volume 7 No 7, hal 142-153
Tundung Subali Padma, 2016, The Influence Of Relationship Marketing On Switching Barrier, Customer Satisfaction, Customer Trust, And Customer Retention, International Journal of Business and Management Invention Volume 5 Issue 8, hal 162-178.