UPAYA PEMBINAAN KINERJA KEPALA SEKOLAH OLEH PENGAWAS SEKOLAH DI SD BINAAN KECAMATAN PADANG UTARA KOTA PADANG
DOI:
https://doi.org/10.31933/ejpp.v2i1.476Keywords:
Kepala Sekolah, Kinerja, Manajer Utama, PengawasAbstract
Pendidikan yang berkualitas sangat membutuhkan tenaga kependidikan yang profesional, untuk menjadikan kepala sekolah profesional dan memiliki kemampuan manajerial yang baik, peran pengawas sangat diperlukan dalam membina, membimbing dan mengarahkan kepala sekolah. Seorang kepala sekolah harus memiliki kemampuan memimpin sekolah, terutama kemampuan manajerial. Kepala sekolah adalah pejabat profesional dalam organisasi sekolah yang bertugas mengelola semua sumber daya organisasi dan bekerjasama dengan guru dalam mendidik siswa untuk mencapai tujuan pendidikan dan memahami semua kebutuhan sekolah. Jenis penelitian tindakan pengawas sekolah. Lokasi penelitian di SD binaan Kecamatan Padang Utara Kota Padang berjumlah 16 sekolah. Teknik pengumpulan data observasional dan angket. Teknik analisis data menggunakan persentase. Hasil penelitian menggambarkan bahwa dengan menggunakan metode monitoring dan evaluasi pengawas sekolah dapat meningkatkan kinerja kepala sekolah dalam melaksanakan tugas dan kegiatannya dalam pengelolaan sekolah. Berdasarkan aspek yang dinilai pada siklus I, masih terdapat beberapa indikator yang belum dilaksanakan oleh kepala sekolah. supervisi, penilaian yang dilakukan pada siklus II memberikan hasil yang lebih baik karena masih banyak kepala sekolah yang melakukan kegiatan kinerja manajerial, dalam hal ini kepala sekolah sebenarnya terkadang tidak malas, mereka tidak memahami pekerjaan yang akan mereka lakukan, sehingga mereka memiliki banyak tugas yang harus dilakukan. terkait penilaian kinerja yang belum berjalan dengan baik.
References
Arikunto S, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Ed Revisi VI,. Penerbit PT Rineka Cipta, Jakarta.
Anoraga, Panji.1992. Psikologi Kerja. Jakarta: Penerbit PT. Rineka Cipta
Danim Sudarwan. 2009. Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolahan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Glickman, CD. 1981. Development Supervrlsion Alexandria: Association for. Supervition and Curriculum Development
Erpidawati. 2019. Pengawas Sekolah Smart dan Komunikatif Menyosong Era Revolusi 4.0. Surabaya. Media Guru
Hasibuan, Malayu. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: BumiAksara.
Mulyasa, E, 2004. Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK. Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.
Moch. Uzer Usman. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja.
Soedjadi. 2001. Pedoman Penilaian Kinerja. Penerbit Kartika Bina.
Sutisna. 2003. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Cetakan ketiga.
Veithzal,RivaI, dkk. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia UntukPerusahaan (2th ed) Jakarta: Rajawali Pers.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (EJPP) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) .
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (EJPP).