UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIKIH MELALUI SHARING DAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATERI IMAN DAN HARI AKHIR SISWA KELAS IX DI MTSN 9 PESISIR SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.31933/ejpp.v2i1.413Keywords:
Hasil Belajar, Iman pada Hari Akhir, Media Audio Visual, Teknik SharingAbstract
Peranan metode dan teknik yang digunakan oleh guru memegang nilai strategis untuk keberhasilan pengajaran, sebab metode dan teknik adalah salah satu faktor yang sangat berperan dalam meningkatkan pengajaran Iman Pada Hari Akhir. Selama ini siswa kesulitan meningkatkan kemampuan dalam pembelajaran, karena pembelajaran yang dirasakan oleh siswa sangat membosankan apalagi ditambah materi yang diberikan cukup banyak dan diperlukan waktu yang lama untuk mempelajarinya terutama Iman Pada Hari Akhir. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Iman pada Hari Akhir dengan menerapkan teknik Sharing dan Media Audio Visual. Sharing dan Media Audio Visual mengembangkan teknik belajar dengan men¬ggunakan media dengan menggunakan tiga kegiatan yaitu kegiatan membaca dan menulis materi Iman Pada Hari Akhir. Penelitian ini didesain melalui Penelitian Tindakan Kelas, menggunakan dua siklus. Hasil belajar siswa untuk siklus I 25 siswa (71,4%) yang telah mencapai ketuntasan belajar dan masih terdapat 10 siswa (28,6%) yang belum mencapai ketuntasan belajar dengan daya serap siswa mencapai 74,4%. Pada siklus II meningkat menjadi 35 orang (100%) yang mencapai ketuntasan dalam belajar dengan daya serap siswa 83,9%. Melalui Sharing dan penggunaan media audio visual siswa dapat meningatkan hasil belajar siswa pada materi iman pada hari akhir.
References
Jalius, Ellizar, Bayharti, and Andromeda. 2013. “Pengaruh Motivasi Dan Pembelajaran Kimia
Menggunakan Modul Dan Tanpa Modul Terhadap Hasil Belajar Kimia Di RSMA- BI.”
Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung 117–24.
Jannah, Wardhatul, and Ellizar. 2018. “Validitas Dan Praktikalitas Modul Larutan Penyangga
Berbasis Pendekatan Saintifik Dengan Menerapkan Teknik Probing Prompting Untuk Kelas
XI SMA/MA.” Menara Ilmu XII(12):101–11.
Kurniawan, Hafizd Rizky, Hakkun Elmunsyah, and Muladi. 2018. “Perbandingan Penerapan
Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Think Pair Share Berbantuan Modul Ajar
Terhadap Kemandirian Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Di SMKN 3 Malang.” Jurnal
Pendidikan 3(2):80–85.
Mayasri, Hani Nur. 2019. “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperati.” Hipotenusa : Journal of
Mathematical Society 1(1).
Mulyasa, E. 2009. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Rosda Karya Nana.
Munir. 2017. Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta.
Sudjana. 2009. Media Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wingkel, W. .. 1991. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (EJPP) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) .
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (EJPP).